28 Jun 2013

Ikhtisar Buku "Marketing Revolution"






Judul Buku         :    Marketing Revolution
Pengarang           :    Tung Desem Waringin
Penerbit               :    Gramedia Pustaka Utama
Jumlah halaman :    320

Buku ini memang sangat memotivasi pembacanya. Tak hanya isi dari buku ini sendiri, hal yang cukup menarik perhatian adalah saat peluncuran pertama buku ini yang terbilang sensasional. Sang penulis, Tung Desem Waringin, memang menciptakan efek word of mouth dengan cara yang sensasional yaitu menyebar uang senilai seratus juta rupiah dari atas helikopter untuk menandai peluncurannya.  Bagi orang-orang yang menggeluti bidang penjualan dan bisnis, buku ini memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat produk Anda laku di pasaran dan banyak dicari konsumen. Pendekatan yang dilakukan memang sebagian besar didominasi gaya hardselling, walaupun Tung juga memberikan beberapa tips bagaimana menarik perhatian media dan memperoleh publikasi gratis.

Buku ini memiliki beberapa catatan penting dari buku ini yang mungkin sangat berguna bagi para pembaca yang tertarik dalam bidang bisnis. Pertama, Tung Desem Waringin adalah seorang motivator yang hebat. Cara dia menulis buku ini membuat orang yang membacanya jadi termotivasi dan semakin bersemangat.

Kedua, jika diperhatikan dengan seksama beberapa bagian dari buku ini sengaja diulang, untuk membuat pesan yang ingin disampaikan mengena dan tertanam dalam alam bawah sadar. Ketiga, bahasa yang digunakan adalah bahasa percakapan sehari-hari. Ini memudahkan pembaca untuk mengerti inti pesan yang ingin disampaikan. 

Keempat, dalam buku ini Tung selalu menekankan pentingnya sistem bagi perusahaan, yang harus selaras dengan tujuan individual masing-masing karyawan. Pada dasarnya setiap manusia itu egois, sehingga keberadaan sebuah sistem harus bisa menjawab pertanyaan, “Apa yang akan saya dapatkan bila melakukan sesuatu?” Dalam bahasa yang keren ini disebut sebagai Management Control System.
Selain itu masih banyak aspek-aspek lainnya yang membuat buku ini patut untuk dibaca. Karena selain memberikan pencerahan dalam dunia kerja serta memotivasi individu, buku ini juga secara tidak langsung mengajarkan cara berkomunikasi yang baik dalam dunia kerja.

0 komentar: